EFEKTIVITAS ALAT BANTU PULLBUOY DAN SWIMBOARD UNTUK PROSES RENANG GAYA BEBAS 50 M KU 3 DI CLUB RENANG BAHUREKSO SWIMMER KECAMATAN BOJA

Authors

  • Muchammad Sabil Alkhafid

Abstract

Muchammad Sabil Alkhafid. NPM 18230003. “Efektivitas Alat Bantu Pullbuoy Dan Swimboard Untuk Proses Belajar Rennag Gaya Bebas 50 m KU 3 Di Club Renang Bahurekso Swimmer Kecamatan Boja”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang, 2022.

Penelitian ini dilatar belakangi adanya kekuatan tangan dan kaki yang masih lemah dalam gerakan renang gaya bebas di Club Renang Bahurekso Swimmer Kecamatan Boja. Tujuan penelitian ini dalah untuk mengetahui adanyaa efektivitas alat bantu pullbuoy dan swimboard untuk proses belajar renang gaya bebas 50 m KU 3 di Club Renang Bahurekso Swimmer Kecamatan Boja.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Pre-Experimental Designs tipe One-Shoot Case Study. Populasi penelitian ini adalah 16 anak di Club Renang Bahurekso Swimmer sekaligus sebagai sampel penelitian. Teknik pengambailan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (praktik renang gaya bebas), observasi (pengamatan latihan dan tes), angket (pernyataan angket), dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari data yang sudah di uji diperoleh sig. (2-tailed) yaitu 0,000 kemudian dapat dibandingkan dengan α 5%, sehingga disimpulkan sig.(2-tailed) < Alpha penelitian (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima kemudian nilai diperoleh sig. (2-tailed) yaitu 0,000 kemudian dapat dibandingkan dengan α 1% maka dapat disimpulkan bahwa sig. (2-tailed) < Alpha penelitian (0,01), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dikatakan efektif.

 

Downloads

Published

2023-01-15