Pengaruh Modifikasi Permainan Passzone dan Passing Mirror terhadap Akurasi Passing dalam Permainan Sepak Bola bagi Siswa Mts Mada Nusantara Jepara 2022

Authors

  • Hendi Ardika

Keywords:

Modifikasi Passzone, Passing Mirror, Akurasi Passing Sepak Bola

Abstract

Hendi Ardika, “Pengaruh Modifikasi Permainan Passzone dan Passing Mirror terhadap Akurasi Passing dalam Permainan Sepak Bola bagi Siswa Mts Mada Nusantara Jepara 2022”, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi,  Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2022.

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya tingkat penguasaan keterampilan passing dikarenakan pembelajaran dilakukan secara terbatas secara online saat pandemi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana pengaruh modifikasi permainan passzone dan passing mirror terhadap akurasi passing dalam permainan sepak bola bagi siswa MTs Mada Nusantara Jepara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh modifikasi permainan passzone dan passing mirror terhadap akurasi passing dalam permainan sepak bola bagi siswa MTs Mada Nusantara Jepara.

Pengumpulan data penelitian  ini menggunakan metode deskriptif  kuantitatif. Teknik analisis yang dipakai menggunakan uji Kolmogorov Smirnov Test dengan menggunakan bantuan software SPSS 2022. Pada penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 26 siswa Mts Mada Nusantara Jepara 2022 dengan teknik sampling purposive sample.

Hasil passzone kaki kanan mean 3.88, variance 0.586 dan std. deviation 0.766, skor maximum 5 dan skor minimum 3. Passzone kaki kiri mean  3.73, variance 0.525 dan std. deviation 0.724, skor maximum 5 dan skor minimum 3.

Hasil  passing mirror  kaki kanan mean 4.23, variance 0.505 dan std. deviation 0.710, skor maximum 5 dan skor minimum 3. Passing mirror kaki kiri mean 4.08, variance 0.554 dan std. deviation  0.744, skor maximum 5 dan skor minimum 3.

Kesimpulannya adalah terdapat hubungan pengaruh modifikasi permainan passzone dan passing mirror terhadap akurasi passing kaki kanan dalam permainan sepak bola siswa MTS Mada Nusantara Jepara. Terdapat hubungan pengaruh modifikasi permainan passzone dan passing mirror terhadap akurasi passing kaki kiri dalam permainan sepak bola siswa MTS Mada Nusantara Jepara.

Downloads

Published

2023-01-15