Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Kelas V SD Negeri 1 Manggungsari

Authors

  • Deni Novian

Keywords:

Passing Bawah Bola Voli, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Solving

Abstract

Latar belakang penelitian bersumber pada keresahan mahasiswa tentang tidak maksimalnya pencapaian latihan teknik passing bawah pada olahraga voli di Kelas V SDN 1 Manggungsari, hal ini terjadi disebabkan kurangnya pemahaman teori dasar teknik passing bawah pada olahraga voli, sehingga pengajar belum memberikan berbagai model pembelajaran saat mengajar. Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana “keefektifan model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar passing bawah bola voli kelas V SD Negeri 1 Manggungsari ”. Penelitian termasuk jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan bentuk Pre Experimental One Group Pretest-posttest Design. Populasi yang terdapat adalah seluruh siswa Kelas IV, V, dan VI SD Negeri 1 Manggungsari 2022/2023 berjumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian, menggunakan teknik simple random sampling, sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri 1 Manggungsari 2022/2023 berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan uji t dan pada pengolahan data menggunakan Microsoft excel. Nilai rata-rata pretest dan posttest sebagai aspek nilai kognitif mendapatkan hasil awal 57,04 hingga mencapai nilai 82,08 dengan peningkatan nilai sebesar 25,04%. Penelitian juga menggunakan lembar sikap dan keterampilan sebagai penilaian afektif dan psikomotor. Perhitungan rata-rata nilai aspek afektif pada pretest dan posttest dari 68,5 mencapai nilai 79, peningkatan nilai rata-rata hasil belajar aspek afektif 10,5%. Nilai rata-rata aspek psikomotor pada pretest dan posttest dari 54,8 mencapai nilai 77,5, peningkatan nilai rata-rata hasil belajar aspek psikomotor 22,7%. Nilai rata-rata aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek psikomotor mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar passing bawah bola voli meningkat sebesar 19,22%. Kesimpulan dari penelitian didapatkan hasil, model pembelajaran problem solving efektif terhadap hasil belajar passing bawah bola voli kelas V SD Negeri 1 Manggungsari. Saran dari peneliti untuk pembaca, penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi pada penelitian yang berkaitan dengan model pembelajaran yang sejenis

Downloads

Published

2023-01-13