Analisis Proses Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Tahunan Kabupaten Jepara
Keywords:
Kata kunci: proses pembelajaran, peserta didikAbstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh partisipasi peserta didik yang rendah pada saat mengikuti pembelajaran
sehingga memberikan pengaruh pada prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembelajaran pasca Pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah
penelitian kualitatif. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan
sekunder. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan cara
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukan
bahwa masa dan pasca pandemi covid-19 pembelajaran dengan microsoft teams; tatap muka membuat
pendidik dan peserta didik senang; kepala sekolah memberi fasilitas guru dan tidak memberi batasan untuk
berkreasi; media pembelajaran yaitu PPT, spidol dan papan tulis; sumber belajar yaitu buku paket kelas X dan
internet; metode dan model pembelajaran yaitu diskusi kelompok dan sesi tanya jawab; tahapan pembelajaran
kegiatan pendahuluan, inti dan penutup; format penilaian evaluasi formatif dan sumatif dengan Pendekatan
Acuan Patokan (PAP) dan Pendekatan Acuan Normatif (PAN); tingkat pemahaman peserta didik kurang;
partisipasi rendah; prestasi belajar cukup baik; peserta didik kurang memperhatikan pembelajaran; peserta
didik tidak mau bertanya; intonasi suara guru kurang keras; guru menegur peserta didik yang gaduh; peserta
didik belajar mandiri di perpustakaan.