HUBUNGAN ANTARA KECEPATAN LARI DAN KELINCAHAN TERHADAP PRESTASI BERMAIN BULUTANGKIS PB RAJAWALI BANTUL

Authors

  • Utvi Hinda Zhannisa

Abstract

Abstrak

Utvi Hinda Zhannisa, Hubungan Antara Kecepatan Lari Dan  Kelincahan Terhadap Prestasi Bermain Bulutangkis PB RAJAWALI Bantul. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengrtahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: hubungan antara kecepatan lari, kelincahan, daya tahan aerobik, serta mengetahui besarnya sumbangan yang diberikan oleh variabel bebas tersebut terhadap prestasi bermain bulutangkis.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler di SMA N 1 Prambanan bulutangkis. Sampel penelitian ini diambil sejumlah 20 orang pemain. Teknik pengambilan sampel dengan purposif sampling. Data pada penelitian ini diambil dengan teknik test. Analisis data selanjutnya digunakan teknik  analisis korelasi product moment.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) ada hubungan yang berarti antara kecepatan lari dengan prestasi bermain bulutangkis. Pengaruh kecepatan lari terhadap prestasi bermain bulutangkis dalam penelitian ini adalah 12,171%.: (2) ada hubungan positif antara kelincahan dengan prestasi bermain bulutangkis. (2) ada hubungan positif antara kelincahan dengan prestasi bermain bulutangkis. Pengaruh kelincahan terhadap prestasi bermain bulutangkis sebesar 24,809%Hasil menunjukkan bahwa hubungan terbesar dari kedua variabel di atas adalah kelincahan.

Downloads

Published

2023-01-15