PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBASIS AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SMP NEGERI 1 KEDUNGWUNI PEKALONGAN

Authors

  • M Fahmi Rizki Pratama Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Inkuiri, Audio-visual, Kognitif, Senam Lantai, Guling Lenting

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah siswa yang jenuh dengan materi yang disampaikan oleh guru secara monoton atau tidak memiliki variasi dalam menyampaikan pembelajaran, sehingga siswa kurang memahami materi teori senam lantai guling lenting dalam pembelajaran senam lantai di SMP Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan. Oleh karena itu perlu ada perbaikan dalam model pembelajaran di SMP Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan. Tujuanya adalah untuk bisa mengetahui Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Berbasis Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan. Metode Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis model penelitian True Eksperimnt Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XIII G (eksperimen) dan XIII H (kontrol) menggunakan teknik sampling Cluster Random Sampling dalam pemilihan sampelnya. Hasil Penelitian dari kelas XIII G (eksperiment) dan kelas XIII H (kontrol) adalah diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar kognitif dalam senam lantai guling lenting melalui model pembelajaran inkuiri berbasis audio-visual. Kenaikan kelas kontrol sebesar 13,11% sedangkan kenaikan kelas eksperimen sebesar 22,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar kognitif melalui Penerapan Model Inkuiri Berbasis Audio-Visual terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan. Saran, Penerapan Model Inkuiri Berbasis Audio-Visual dapat dimaksimalkan penggunaannya dalam penyampaian materi pelajaran yang lain, sehingga bisa meningkatkan kualitas kognitif siswa secara maksimal.

Downloads

Published

2023-01-12