PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS PADA BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN “3 ON 3” PADA SISWA KELAS VII SMP NEGRI 1 SUKOHARJO WONOSOBO

Authors

  • dimas bagus Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil belajar, Bola voli, passing, Permainan 3 On 3

Abstract

Penelitian dilakukan berdasar pada hasil pembelajaran belajar passing atas peserta didik SMP Negeri 1 Sukoharjo masuk dalam kategori rendah. Hal ini di karena kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan rasa takut pada bola. Permasalahan dalam penelitian ini apakah melalui permainan modifikasi 3 On 3 mampu meningkatkan nilai hasil pembelajaran passing atas. Penelitian dilakukan guna mengetahui peningkatan hasil belajar passing atas bola voli melalui permainan bola 3 On 3 pada siswa kelas VII SMPN 1 Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 129 peserta didik yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposif sampling yang terdiri dari 30 peserta didik kelas VII C. Untuk mengetahui valid atau tidaknya hasil tes dalam penelitian ini,  perlu dilakukan pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan modifikasi 3 On 3 pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sukoharjo diperoleh peningkatan 7,18% dari aspek kognitif pada awal pretest trimmed mean yaitu 6,53 dan pada akhir posttest trimmed mean yaitu 7,04. Adapunddari aspek psikomotor awal pretest trimmed mean meningkat sebesar 10,19 dan dari akhir posttest trimmed mean meningkat 14,90 dengan taraf presentase kenaikan sebesar 45,28%. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa melalui media pembelajaran modifikasi permainan bola voli 3 On 3 mampu memberi peningkatan pada hasil belajar passing atas kelas VII SMP Negeri 1 Sukoharjo Kabupaten Wonosobo

Downloads

Published

2023-01-12