PERBEDAAN EFEKTIVITAS LATIHAN WALL PASS DAN SHORT PASS PADA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN REKREASI DI SMP NEGERI 1 SUMOWONO TAHUN AJARAN 2021/2022
Keywords:
Efektivitas Pembelajaran, Wall-Pass, Short-PassAbstract
Studi ini dilakukan di SMP Negeri 1 Sumowono, Semester 2 Semester Akademik 2020-2021. Masalahnya dihadapkan dengan bagaimana menentukan model pelatihan yang sesuai untuk siswa. Ini dapat dilihat dari dua teknik yang dikirim, yaitu permainan dan short-pass dan wall-pass. Dua teknik harus meningkatkan hasil presisi. Jenis penelitian ini adalah studi eksperimental yang menggunakan konsepsi semu eksperimental (kuasi eksperimental). Pengalaman itu dilakukan pada kelas 7 dan 8, setiap sampel dari 25 siswa. Dari populasi kemudian dibagi menjadi 2 jenis sampel, yaitu Kelas Eksperimen 1 dari Kelas Eksperimen 2. Teknik mengumpulkan informasi dengan pengamatan dilakukan menggunakan kuesioner dan dilakukan secara objektif oleh pengamat. Teknik analisis informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik uji hipotesis dilakukan dengan analisis uji deskriptif rata -rata. Nilai makna dari kesamaan varians dan kesamaan varians diasumsikan bahwa memperoleh nilai < alpha (0 000 <0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa kelompok yang menggunakan metode Wall Pass (WP) memiliki perbedaan yang signifikan dengan kelas yang digunakan oleh metode Short-Pass (SP). Guru dapat menjadi inovatif untuk mengembangkan perangkat pengajaran lain dari metode untuk meningkatkan aktivis pembelajaran siswa. Siswa harus saling membantu jika mereka mengalami hambatan dalam penerapan model, dan guru harus memastikan bahwa setiap siswa kelompok dapat mencapai tujuan atau mencapai tugas yang ditentukan.