PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEPAK BOLA DI SMP N 3 KARANGRAYUNG DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA
Keywords:
motivasi, siswa, sepak bolaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran bersama turnamen permainan tim terhadap motivasi belajar materi sepak bola pada kelas tatap muka di SMP N 3 Karangrayung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A dan IX F SMP Negri 3 Karangrayun yang berjumlah 57 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai uji-t sampel berpasangan Sig.(dua sisi) 0,000 dan lt; Pada 0,05, pre-test meningkat 61,23 dan post-test meningkat 77,6, meningkat 26,5%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan keefektifan model pembelajaran kooperatif team game turnamen dalam memotivasi siswa mempelajari materi sepak bola pada kelas tatap muka di SMP N 3 Karangrayung.