MOTIF INTERNAL KEHADIRAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Keywords:
Motivasi internal, Kehadiran, Perencanaan pembelajaranAbstract
Kehadiran dinilai sebagai bentuk partisipasi dalam pembelajaran. Salah satu bentuk partisipasi yang menjadi kajian dikalangan peneliti adalah kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan. Namun demikian, Perbedaan mengenai motif kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan masih menjadi pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara motivasi internal terhadap kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan. Pengetahuan tersebut penting terkait dengan strategi yang dapat dilakukan oleh program studi (prodi) pendidikan ekonomi untuk meningkatkan kehadiran dalam upaya mencapai tujuan akademik tertentu. Lebih lanjut, strategi peningkatan kehadiran dapat menjadi sebuah tindakan preventif untuk mengantisipasi atau mengurangi terjadinya perilaku menyimpang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yang diusulkan yaitu, (1) kesenangan, (2) tantangan dan kesadaran tidak berpengaruh terhadap kehadiran mahasiswa pada mata kuliah perencanaan pembelajaran baik secara parsial maupun simultan sehingga dalam penelitian ini, variabel tersebut kurang baik digunakan sebagai prediktor kehadiran. Oleh sebab itu, penelitian berikutnya dapat mengusulkan variabel, perbedaan karakteristik mahasiswa serta metode lain untuk menjelaskan motif kehadiran.