PENGARUH PENDEKATAN TAKTIK TERHADAP KEMAMPUAN KONTROL MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM DAN TELAPAK KAKI (SOLD) PESERTA EKSTRAKULIKULER FUTSAL PUTRA SMA TEUKU UMAR SEMARANG

Authors

  • Rifqi Hasan Universitas PGRI Semarang
  • Pandu Kresnapati Universitas PGRI Semarang
  • Tubagus Herlambang Universitas PGRI Semarang

Keywords:

kontrol kaki bagian dalam, kontrol telapak kaki (sol sepatu)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu pengaruh pendekatan taktik terhadap kemampuan kontrol kaki bagian dalam dan telapak kaki (sold) peserta ekstrakulikuler futsal putra sma teuku umar semarang Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler futsal putra di SMA Teuku Umar Semarang yang berjumlah 16 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 16 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi tes mengoperkan bola rendah dan tes menggiring bola dari Subagyo Irianto. Teknik analisis data menggunakan uji-t.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan latihan pendekatan taktik terhadap kemampuan kontrol Kaki Bagian Dalam pada peserta ekstrakurikuler futsal putra di SMA Teuku Umar Semarang. Apabila dilihat dari rerata pretest sebesar 75,50 dan rerata posttest sebesar 87,97 maka diperoleh angka Mean Difference sebesar 12,4 hal ini menunjukkan bahwa latihan pendekatan taktik terhadap keterampilan Kontrol Kaki Bagian Dalam memberikan perubahan lebih baik yaitu 53,3% dibandingkan sebelum diberikanlatihan pendekatan taktik. Sedangkan pengaruh latihan pendekatan taktik terhadap kemampuan Kontrol Telapak Kaki (sold) dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan latihan pendekatan taktik terhadap keterampilan kontrol Telapak Kaki (sold) pada peserta ekstrakurikuler futsal putra di SMA Teuku Umar Semarang. Apabila dilihat dari rerata pretest sebesar 79,67 dan rerata posttest sebesar 87,98 maka diperoleh angka Mean Difference sebesar 8,30, hal ini menunjukkan bahwa latihan pendekatan taktik terhadap keterampilan Kontrol  Telapak Kakai (sold) memberikan perubahan lebih baik yaitu 84,5% dibandingkan sebelum diberikan latihan pendekatan taktik.

Author Biographies

Pandu Kresnapati, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Tubagus Herlambang, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Downloads

Published

2019-11-20