PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 6 SEMARANG

Authors

  • Aprilia Dwi Lestari
  • Rosalina Ginting Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan baru dari Kemendikbud yang tertuang pada Permendikbud No. 22 Tahun 2020 mengenai Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 terkait Profil Pelajar Pancasila yang dalam praktik di lapangan masih belum sesuai dengan ketentuan yang ada dalam proses pembentukannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembentukan profil pelajar Pancasila di SMAN 6 Semarang. Metode dalam penelitian yang dilakukan menerapkan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dimanan digunakan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menghasilkan informasi bahwa pembentukan profil pelajar Pancasila di SMAN 6 Semarang sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada melalui empat cara yakni melalui iklim budaya satuan pendidikan, intrakulikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila dan ekstrakulikuler. Namun dalam prosesnya diketahui bahwa dalam iklim budaya satuan pendidikan belum melakukan pebentukan terkait wawasan lingkungan padahal sudah tercantum dalam visi misi sekolah, dan pada kegiatan ekstrakulikuler hanya terintegrasi dalam kegiatan belum dilakukan perencanaan secara matang.

Downloads

Published

2024-01-12