Ahmad Ihsan Aditya “Pengaruh Pengaruh Senam Tai Chi Terhadap Peningkatan Konsentrasi Dan Meredakan Stress Pada Lansia Di Panti Werdha Harapan Ibu Ngaliyan Semarang.” Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang,

Authors

  • ihsan aditya

Abstract

Ahmad Ihsan Aditya “Pengaruh Pengaruh Senam Tai Chi Terhadap Peningkatan Konsentrasi Dan Meredakan Stress Pada Lansia Di Panti Werdha Harapan Ibu Ngaliyan Semarang.” Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, tahun 2023.

Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu kesegaran/kebugaran jasmani pada lansia merupakan kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan yaitu kebugaran jantung-paru, peredaran darah, kekuatan otot, dan kelenturan sendi. Tujuan dari penelitian ini  menganalisis Pengaruh Senam Tai Chi Terhadap Peningkatan Konsentrasi Dan Meredakan Stress Pada Lansia Di Panti Werdha Harapan Ibu Ngaliyan Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan pretest dan posttest control group.

     Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kelompok konsentrasi setelah diberi perlakuan dengan senam tai chi mengalami peningkatan dari pretest sebesar 4,27 menjadi posttest sebesar 5 sedangkan untuk hasil mean/rata-rata kelompok variabel meredakan stres dari pretest sebesar 2,73 menjadi posttest sebesar 2,85. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat peningkatan konsentrasi setelah diberikan senam tai chi dengan hasil mean/rata-rata dari pretest mengalami peningkatan dari pretest sebesar 4,27 menjadi posttest 5 dengan perentase 17,09% dan pemberian senam tai chi memiliki pengaruh yang signifikan hal itu bisa dilihat dari nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan terdapat pengaruh untuk meredakan stres setelah diberikan senam tai chi dengan hasil mean/rata-rata dari pretest mengalami peningkatan dari pretest sebesar 2,73 menjadi posttest sebesar 2,85 dengan perentase 4,39% dan pemberian senam tai chi memiliki pengaruh yang signifikan hal itu bisa dilihat dari nilai sig.(2-tailed) 0,038 < 0,05.

Downloads

Published

2023-12-24