Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar dan Pemanfaatan Internet terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Kendal
Abstract
Riset ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 2 Kendal yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu motivasi belajar, lingkungan belajar dan pemanfaatan internet. Tujuan penelitian ini ialah melihat pengaruh motivasi belajar, lingkungan belajar dan pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 2 Kendal. Riset ini memakai metode kuantitatif jenis asosiatif. Populasinya ialah peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 2 Kendal sejumlah 169 responden. Teknik pengambilan sampel yang dipakai ialah metode sampel jenuh sebanyak 169 peserta didik responden. Teknik analisis data memakai uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil riset membuktikan bahwa: (1) motivasi belajar punya pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik, (2) lingkungan belajar punya pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik, (3) pemanfaatan internet punya pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik, (4) motivasi belajar, lingkungan belajar dan pemanfaatan internet secara bersama-sama punya pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik.