PENANAMAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 CANDIROTO KABUPATEN TEMANGGUNG
Abstract
Latar Belakang dari penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman siswa mengenai pentingnya sikap toleransi di tengah kemajemukan yang ada di lingkumgan sekolah dan peran guru PPKn yang belum maksimal dalam menanamkan sikap toleransi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penanaman sikap toleransi di SMA N 1 Candiroto , peran guru PPKn dalam penanaman sikap toleransi dan kendala yang dihadapi dalam penanaman sikap toleransi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SMA N 1 Candiroto Temanggung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan cara triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penanaman sikap toleransi siswa oleh sekolah dan guru PPKn dilaksanakan melalui kegiatan rutin jumat pagi dan mengintegrasikan sikap toleransi dengan materi pembelajaran PPKn, Peran guru PPKn dalam penanaman sikap toleransi dilaksanakan dengan materi pelajaran yang relevan dengan sikap toleransi dan media pendukung dijadikan sebagai penguatan pemahanman siswa, evaluasi dan monitoring dilakukan guru untuk mengetahui tingkat pemahan sikap toleransi siswa untuk dijadikan bahan perbaikan guru dalam penanaman sikap toleransi, Namun dalam prakteknya masih ada siswa yang belum mampu mengimplementasikan nilai sikap toleransi dilihat dari hubungan sosial siswa,