PENGARUH LATIHAN DRIBBLE FIGURE EIGHT DAN DRIBBLE Z PATTERN TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLE SISWA EKSTRA KURIKULER SEPAK BOLA DI SMP N 2 BEJEN KABUPATEN TEMANGGUNG
Abstract
Penguasaan teknik dasar dribbling dalam sepak bola merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap atlet sepak bola; namun kecepatan dribble atlet sepak bola SMP N 2 Bejen termasuk dalam kategori rendah, dan prestasi mereka belum mencapai level tertinggi. Penelitian eksperimen dengan menggunakan metodologi kuantitatif merupakan desain penelitian yang digunakan. Populasi penelitian adalah siswa SMP N 2 Bejen Kabupaten Temanggung yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola. Penelitian ini menggunakan pendekatan total sampling sebagai metode pengambilan sampelnya. Tiga puluh pemain sepak bola dari SMP N 2 Bejen di Kabupaten Temanggung digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode latihan dribel angka delapan digunakan dalam penelitian pada siswa ekstrakurikuler sepak bola SMP N 2 Bejen Kabupaten Temanggung dengan nilai rata-rata 23,89. Siswa melakukan pre-test dengan pendekatan latihan pola Z rata-rata dalam waktu 29,50 detik, sedangkan atlet melakukan post-test rata-rata dalam waktu 23,90 detik. Kesimpulan Siswa SMP N 2 Bejen Kabupaten Temanggung yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola memperoleh manfaat sebesar 23,18% dengan menggunakan metode latihan dribel angka delapan. Penerapan pendekatan latihan pola dribble z memberikan dampak positif sebesar 23,43% terhadap atlet siswa ekstrakurikuler sepak bola SMP N 2 Bejen Kabupaten Temanggung. Di SMP N 2 Bejen Kabupaten Temanggung pendekatan latihan dribble pola z lebih berhasil meningkatkan keterampilan dribbling siswa ekstrakurikuler sepak bola.