PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DAN GAMBAR ILUSTRASI TERHADAP KETERAMPILAN PSIKOMOTOR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS XI SMK ANNURONIYAH
Abstract
Latar belakang penelitian ini berdasarkan keterampilan psikomotorik gaya lompat jauh sebagian besar siswa gagal dalam penilaian ketranpilan SMK Annuroniyah. Beberapa peneltian sebelumnya menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang interatif bisa menaikan capaian belajar. Penelitian ini memilki tujuan agar mengentahui dampak penggunaan video animasi serta gambar ilustrasi atas ketrampilan psikomotor lompat jauh gaya jongkok siswa kelas XI SMK Annuroniyah. Penelitian ini memakai two-group pretest dan posttest design dengan menggunakan random sampling. Penelitian ini dilakukan di SMK Annuroniyah Kabupaten Rembang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi,dokumentasi sertaa test untuk menilai ketrampilan psikomotor saat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar lompat jauh gaya jongkok yang di validasi oleh instuktur guru PJOK bersertifikat. Analisis data dengan uhi normalitas, ujihomogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian pretreatment menunjukan bahwa skor rata-rata gaya lompat jauh adalah 6,21 dan skor standar deviasi adalah 1,446. Sedangkan hasil penelitian setelah perlakuan menunjukkan rata-rata skor gaya jongkok lompat jauh 11,6 dan standar deviasi 1,787. Hasil uji-t hasil tes kemampuan psikomotorik lompat jauh gaya jongkok siswa kelas XI. Kelas annuroniyah University of Applied sciences menunjukkan bahwa t-hitung kelompok belajar melalui media ilustrasi adalah10,726 lebih tinggi dari pada t - tabel 2,059. Dan nilai signifikan 0,000 0,05. Kelompok menawarkan pembelajaran melalui media video animasi adalah 13,266 lebih besar dari t-tabel 2,059 serta nilai signifikansi 0,000<;0,05.
Kata kunci: Video Animasi, Gambar Ilustrasi, Lompat Jauh.