Pengaruh Latihan Rotasi untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Atas Siswa Ekstrakurikuler SMA Islam Jepara Tahun 2022

Authors

  • Ellen Yogianto

Keywords:

latihan rotasi, passing atas, ekstrakurikuler

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurang maksimalnya kemampuan passing atas yang dimiliki oleh siswa ekstrakurikuler di SMA Islam Jepara. Hal ini sangat disayangkan karena akan berpengaruh dengan hasil pertandingan dalam kegiatan olahraga resmi. Oleh karena itu peneliti membuat penelitian tentang pengaruh dari latihan rotasi terhadapa passing atas bola voli.

Penelitian ini memiliki rancangan one group Pretest Posttest design. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Instrumen yang digunakan menggunakan tes kemampuan dasar bermain bola voli dari Depdiknas. Populasi dalam penelitian ini merupakan anggota ekstrakurikuler bola voli di SMA Islam Jepara anggota, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data eksperimen kuantitatif

Hasil penelitian menunjukan kemampuan passing atas oleh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli di SMA Islam Jepara yang memiliki kategori sangat baik terdapat 3 siswa (20%), baik  terdapat 6 siswa (40%), cukup terdapat 6 siswa (40%), kurang terdapat 0 siswa (0%), dan sangat kurang terdapat 0 orang (0%) yang sebelumnya kategori sangat baik terdapat 1 siswa (7%), baik  terdapat 2 siswa (13%), cukup terdapat 8 siswa (53%), kurang 3 terdapat siswa (20%), dan sangat kurang terdapat 1 orang (7%). Hal ini menunjukan terdapat pengaruh dari latihan rotasi terhadap passing atas.

Downloads

Published

2023-12-24