Pengaruh Latihan Sepak Sila Terhadap Keterampilan Menerima Bola Pertama Dalam Permainan Sepak Takraw Pada Ekstrakurikuler Siswa SMK Izzul Islam Salem

Authors

  • Sigit Regga Mahendra

Abstract

Perlunya penelitian ini karena banyak siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kurang memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menerima bola pertama dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan sepak bola terhadap keterampilan menerima takraw siswa SMK Izzul Islam Salem dalam kegiatan ekstrakurikulernya Penelitian ini menggunakan metode exsperimen dengan jenis One Grup Pre-test-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler takraw SMK Izzul Islam Salem. Sampel dari penelitian ini berjumlah 11 siswa. Uji validitas dan reliabilitas dalam pengumpulan data. Pengujian normalitas dan pengujian hipotesis merupakan metode analisis data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa latihan sepak sila berpengaruh terhadap keterampilan menerima bola pertama dalam permainan sepak takraw pada ekstrakurikuler siswa SMK Izzul Islam Salem. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji t sampel berpasangan menghasilkan nilai signifikansi 0,001 0,05. Rata-rata pretest adalah 45,00, dan rata-rata posttest adalah 80,45, menunjukkan kenaikan sebesar 35,4 persen. Maka dapat disimpulkan bahwa latihan sepak sila berpengaruh terhadap keterampilan menerima bola pertama dalam permainan sepak takraw pada ekstrakurikuler siswa SMK Izzul Islam Salem. Saran agar siswa diharapkan terus mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan rutin agar kemampuannya terus terlatih, sehingga kemampuan dalam bermain sepak takraw meningkat.

Downloads

Published

2023-12-24