PENGARUH iMETODE iPEMBELAJARAN iKESELURUHAN iDAN BAGIAN iTERHADAP iHASIL iBELAJAR iPENJAS iPADA MATERI iSEPAK iTAKRAW iDI iSMP NEGERI i05 iADIWERNA

Authors

  • Satria Putra Pamukti

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pengetahuan anak terhadap teknik dasar sepak takraw terutama sepak sila sebagian anak masih banyak yang belum bisa melakukan sepak sila dikarenakan kelas VII baru mengenal ipembelajaran isepak itakraw.

Jenis ipenelitian iini iadalah ipenelitian ikuantitatif idengan irancangan ipretest-posttest icontrol igroup idesign. Populasi idalam ipenelitian iini iadalah iseluruh isiswa ipeserta ididik iSMP Negeri 05 Adiwerna iyang berjumlah 32 siswa, terdiri dari siswa laki-laki idan isiswa iperempuan. iTeknik ianalisis idata imenggunakan iuji inormalitas dan iuji-t idengan ibantuan isoftware iSPSS i20.

Berdasarkan ihasil penelitian hasil belajar sepak sila melalui metode pembelajaran keseluruhan dan bagian pada siswa kelas VII iA,D idan iG, idiketahui ibahwa inilai iSig. ikelas iVII iA idan iD i= i0,193, inilai iSig i> iα i(0,193 i> i0,05) idan inilai iSig. ikelas iVII iA idan iG i0,085, inilai iSig. i> iα i(0,085 i> i0,05) imaka idata idikatakan homogen. iKarena ivarian ikedua ivariel itidak ihomogen imaka ipada iuji-t idiketahui inilai iSig. i(2- itailed) i= 0,002 iyang imana inilai iSig. ijadi idapat idisimpulkan ibahwa iterdapat ipeningkatan hasil belajar sepak sila pada kelas VII iD idan iG iyang idiberi iperlakuan imenggunakan imetode ipembelajaran ikeseluruhan idan ibagian yang ilebih isignifikan ijika idibandingkan idengan imenggunakan isepak isila iyang ibelum idiberi iperlakuan.

Downloads

Published

2023-12-24