PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HYPNOTECHING DAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS VIDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI JARAK PENDEK PADA SISWA KELAS X SMK ISLAM DIPONEGORO LOSARI

Authors

  • Akmad Santoso

Abstract

Penelitan ini adalah eksperimen dengan metode kuantitatif dan menggunakan rancangan ” two group pre-test post-test design”. Populasi siswa kelas SMK Islam Diponegoro Losari dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.  Sampel yang digunakan berjumlah 56 siswa. Instrumen menggunakan tes tertulis pilihan ganda dan instrumen rubrik penilaian psikomotor.Berdasarkan hasil perhitungan terdapat peningkatan pada kelompok 1 PBL berbasis hypnoteaching dilihat dari uji-T pada data pretest dan posttest diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pretest dan posttest, hasil rata-rata pretest sebesar 69,9 dan posttest sebesar 83,3 mengalami peningkatan sebesar 19,5%. Sedangkan kelompok 2 PBL berbasis video hasil uji-T pada data pretest dan posttest diperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05 disimpulkan terdapat perbedaan antara hasil rata-rata pretest dan posttest dan rata-rata pretest sebesar 68,5 dan posttest sebesar 83,07 mengalami peningkatan sebesar 21,2%.Kesimpulan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran PBL berbasis hypnoteaching dan video terhadap hasil belajar lari jarak pendek siswa kelas X SMK Islam Diponegoro Losari. Saran bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar materi pjok dan bagi guru dapat menerapkan model pembelajaran PBL berbasis hypnoteaching dan video untuk meningkatkan hasil belajar materi atletik lari jarak pendek

Downloads

Published

2023-12-24