PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING PERMAINAN BOLA VOLI KELAS X 1 DAN X 4 SMAN 8 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh survei yang menemukan siswa di SMAN 8 Semarang belum memahami dasar-dasar passing atas dan bawah dalam permainan bola voli. dalam bola voli atas dan bawah. Selain itu, peneliti ingin menawarkan rencana metode latihan yang digunakan dalam pembelajaran olahraga bola voli yaitu dengan metode latihan TGT (Teams Games Tournament) dan Role Playing. Sehubungan dengan hal tersebut, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan passing pemain bola voli kelas X 1 dan X 4 di SMAN 8 Semarang. Desain Pretest-Postest digunakan dalam metode penelitian eksperimental penelitian ini, tes TGT (Teams Games Tournament) dan Role Playing menggunakan bola voli dan kun berfungsi sebagai alat penelitian. Ada 2 kelas terdiri dari 36 siswa tiap kelasnya di SMAN 8 Semarang menjadi partisipan penelitian. Menggunakan angket atau kuisioner untuk teknik analisis data dengan rumus deskriptif prosentase. Analisis data mengahasilkan deskriptif prosentase, yang didasarkan pada temuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing pemain bola voli kelas X 1 dan X 4 di SMAN 8 Semarang. Persentase deskriptif didapatkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan peningkatan keterampilan passing atas dan bawah pada bola voli dan ketuntasan klasikal sebesar 70% dengan persentase 80% telah dicapai pada kelas X 1 dan X 4 SMAN 8 Semarang., yang menjelaskan temuan tersebut.