PENGARUH REWARD KATA DAN REWARD BENDA TERHADAP MOTIVASI PEMBELAJARAN PENJAS SMA NEGERI 1 DEMPET

Authors

  • Dimas Fida Falahudin

Keywords:

Reward kata, Reward benda, Motivasi belajar, Penjas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA N 1 Dempet yang diperoleh gambaran tentang belum adanya peningkatan motivasi belajar penjas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh reward kata dan reward benda terhadap motivasi penjas.

Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode penelitian quasi exsperimental design bentuk desain yang digunakan two goub pretest-posttest. Dengan pengambilan sampel menggunnakan random sampling. Dalam penelitian ini instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam mengambil data yaitu menggunakan angket dalam bentuk pertanyaan.

Berdasarkan pada hasil yang diperoleh variabel X1 - Y1 diketahui bahwa peningkatan motivasi melalui reward kata reward berupa kata mengalami peningkatan nilai mean atau rata-rata dari pretest sebesar 2,1% menjadi posttest sebesar 72,09 dengan kata lain mengalami kenaikan rata-rata sebesar 1,49 makka H0 ditolaak dan Ha diterrima. Selanjutnnya dari hasil motivasi siswa dalam pembelajaran penjas sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan penerapan reward berupa benda mengalami peningkatan nilai mean atau rata-rata dari pretest sebesar 69,3 menjadi posttest sebesar 1,7%. Dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 1,2. Maka H0 ditolak dan H2 diterima pada hasil yang diperoleh pada variabel X1 – Y2 diketahui bahwa peningkatan reward kata 1,49 > reward benda 1,2 maka H0 ditolak.

Downloads

Published

2023-12-24