Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 4 Semarang

Authors

  • Annisa Alfianti

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  bagaimana implementasi nilai-nilai Pancasila melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pembentukan karakter siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Semarang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 4 Semarang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan cara triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan karakter siswa kelas VII di SMP 4 Semarang pada umumnya sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari perilaku siswa yang dilakukan dalam kegiatan sehari-hari disekolah antara lain, kepatuhan dalam menjalankan agamanya, saling menyayangi sesama teman, bisa menerima perbedaan-perbedaan yang ada baik perbedaan agama ras maupun pendapat, bersifat demokratis, dan selalu bersemangat dalam belajar untuk mencapai prestasi yang lebih baik. PPKn merupakan mata pelajaran yang digunakan sebagai sarana dalam membentuk watak dan kepribadian siswa dengan cara menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Guru PPKn juga memberikan inovasi-inovasi yang bertujuan untuk menanamkan karakter pada siswa misalnya pembacaan teks Pancasila secara serentak sebelum jam istirahat, menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum proses pembelajaran berlangsung dan memberi sampul merah putih pada buku tugas mata pelajaran PPKn.

Downloads

Published

2023-12-24