PERAN GURU PPKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SESUAI DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA KELAS 8 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 SEMARANG
Abstract
Sesuai dengan pentingnya nilai pancasila dalam pembentukan karakter siswa terdapat faktor pendukung dan penghambat. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah peran apa yang dilakukan guru PPKn dalam pembentukan karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Pancasila kelas 8 SMP Negeri 14 Semarang Semarang. Tujuannya untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana peran guru PPKn dalam pembentukan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila kelas 8 SMP Negeri 14 Semarang. Jenis metode yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di SMP Negeri 14 Semarang. Teknik dan alat pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan pencatatan. Kajian validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penarikan kesimpulan dan validasi data. Hasil dari penelitian ini adalah pembentukan karakter siswa sesuai nilai-nilai pancasila dilakukan melalui guru PPKn memberikan sikap atau teladan yang baik agar siswa memiliki karakter yang baik dan di kelas 8 karakter siswa selaras dengan nilai-nilai pancasila. Dengan nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan karakter siswa, menurut nilai-nilai Panchasila, baik guru maupun siswa memiliki faktor pendukung dan penghambat, guru PKn menjalankan perannya dengan baik di dalam dan di luar kelas, seperti di dalam kelas guru masuk kelas ketika menyapa, berdoa sebelum kelas, dan peran guru warga di luar kelas adalah seperti seorang guru memberikan sikap, contoh yang baik, tersenyum, menyapa, dan menyapa guru atau siswa lain.