KEEFEKTIFAN MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI SEPAK BOLA KELAS X SMA NEGERI 1 PECANGAAN KECAMATAN PECANGAAN KABUPATEN JEPARA

Authors

  • M.Seno Mukti Pangestu

Abstract

Kurangnya efektif pada penyampaian metari oleh guru, berakibat pada keefektifan belajar dan  rendahnya hasil belajar siswa pada materi sepak bola. Penelitian bertujuan untuk melihat pada Keefektifan Model Pembelajaran TGT untuk pembelajaran Pendidikan Jasmani Kelas X SMA N 1 Pecangaan.

 Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design digunakan dalam penelitian ini. siswa X IPS 2 SMAN 1 Pecangaan merupakan sampel dalam penelitian ini dengan sampel 36 siswa. Teknik pengumpulan data observasi, tes, non tes dan dokumentasi. Pengujian pada penelitian ini uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data uji normalitas, uji hipotesis dan uji ketuntasan.

Didapatkan dari hasil penelitian bahwa penggunaan model TGT efektif digunakan untuk pembelajaran penjas materi sepak bola kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan. Ini dilihat dari pengujian yang telah dilakukan diketahui signifikansi pada nilai uji paired sample t test 0,00 < 0,05, artinya perbedaan terjadi pada signifkan rata-rata hasil belajar pada pengujian pretest dan posttest. Maka dapat dikatakan bahwa model TGT efektif untuk pembelajaran penjas materi sepak bola siswa kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan.

Saran diharapkan model pembelajaran TGT terus dapat dikembangankan sebagai model pembalajaran yang sangat efektif pada setiap mata pelajaran, dan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-12-24