KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN TIPE STAD BERBANTU AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF BOLA VOLI MATERI PASSING ATAS SISWA KELAS VIII A SMP N 4 BANDAR

Authors

  • Doni Ferdi Ansyah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas VIII A SMP N 4 Bandar pada pembelajaran permainan bola voli passing atas, yaitu terdapat siswa yang belum memenuhi kriteria atau belum menunjukan hasil yang diharapkan. Hasil belajar siswa sebagian besar belum memenuhi KKM yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah yaitu 75. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 4 Bandar dengan sampel 25 siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perhitungan rata-rata nilai pretest bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif model model STAD Berbantu Audio Visual efektif terhadap hasil belajar materi permainan bola voli siswa kelas VIII A SMP N 4 Bandar. Hal tersebut sama dengan pengaruh yang ada pada aspek bahwa: (1) ada perubahan hasil belajar materi passing atas permainan bola voli kelas VIII A SMP N 4 Bandar sebelum dan setelah diberi perlakuan. Hal tersebut berdasarkan analisis data hasil penelitian dengan cara uji t dengan diperoleh |  | >  adalah  = 8,1173700634 dan  = 2,063898562 dan (2) hasil pembelajaran peserta didik mencapai kriteria ketuntasan belajar siswa melalui nilai posttest sebanyak 25 siswa sudah mencapai ketuntasan minimal sebagai hasil saat penggunaan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu Audio Visual.

Downloads

Published

2023-12-24