KARAKTERISTIK ANTROPOMETRY SOMATOTYPE ATLET BOLA VOLI CLUB SMK BHINA TUNAS BHAKTI JUWANA

Authors

  • Sofwan Aripin

Keywords:

Antropometry , Somatotype , Bola Voli

Abstract

“Karakteristik Antropometry  Somatotype  Atlet Bola Voli Club SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana”. Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya informasi yang didapatkan yaitu bahwa pada atlet club bola voli di SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana belum pernah menerapkan pengadaan tes pengukuran antropometry  somatotype , sehingga belum dapat diketahui hasil pengukuran antropometry  somatotype  pada atlet bola voli SMK Bhina Tunas Bhakti. Menurut penelitian dari bapak Kusnaidi Adang menyatakan bahwa tes pengukuran antropometry  dan somatotype  sangan penting dilakukan agar dapat mengetahui keadaan tipe tubuh dari para atlet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskrptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini yaitu para atlet bola voli di SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana Pati. Penulis menggunakan Teknik cluster random sampling dalam penentuan sampel pada penelitian ini. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan tes antropometry  somatotype .

Berdasarkan hasil uji coba lapangan terhadap para atlet club bola voli SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana sebanyak 15 atlet dengan menggunakan pengukuran somatotype  menyatakan bahwa terdapat beberapa kategori diantaranya yaitu memiliki rata-rata tipe tubuh dengan kategori Balance Mesomorph pada 1 atlet sebesar 6.7%, dengan kategori tubuh Endomorph Mesomorph pada 6 atlet sebesar 40%, dengan kategori Meso-Endomorph pada 1 atlet sebesar 6.7%, dengan kategori Meso-Ectomorph pada 4 atlet sebesr 26.7% dan dengan kategori Ectomorph Mesomorph pada 3 atlet sebesar 20%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa atlet bola voli SMK Bhina Tunas Bhakti sangat berpotensi dalam olahraga bola voli, tetapi masih ada beberapa atlet yang belum memenuhi tipe butuh atlet bola voli pada umumnya.

Downloads

Published

2023-12-24