PENERAPAN PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MELATIH KESEIMBANGAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN SMPLB DHARMA BHAKTI UNGARAN

Authors

  • Deny Effendi

Keywords:

Pembelajaran, permainan engklek, keseimbangan anak tunagrahita.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa permainan tradisional engklek merupakan permainan yang membutuhkan tingkat keseimbangan yang baik oleh karena itu permainan tradisional engklek dinilai efektif untuk melatih keseimbangan Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keseimbangan anak tunagrahita ringan di SMPLB Dharma Bhakti Ungaran.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah standing stork tes dan standing stork tes blind. Populasi dalam penelitian ini adalah anak Tunagrahita ringan SMPLB Dharma Bhakti Ungaran. Sampelnya adalah 12 anak.

Hasil Penelitian data diperolehrata-rata kemampuan keseimbangan anak tunagrahita memperoleh persentase peningkatan sebesar18,8%.Nilai normalitas untuk data pretest dan postest lebih dari nilai α = 0,05 atau diperoleh nilai Sig 0,330 > 0,05 pada pretest diperoleh nilai sig 0,206 > 0,05 pada postestmaka data disimpulkan normal,Sedangkan nilai homogenitas nilai Sig lebih besar p > 0,05 atau 0,187 > 0,05 maka data dapat disimpulkan homegen.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Setelah diberikan treatment dengan permainan tradisional engklek mengalami peningkatan, hal ini terbukti stelah diberikan uji Hipotesis paired sample t-test pada data pretest dan data postest dan diperoleh nilai Sig 0,002 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerpan permainan tradisional engklek terhadap keseimbangan anak tunagrahita ringan di SLB Dharma Bhakti Ungaran.Saran untuk para anak tunagrahita di SLB Dharma Bhakti Ungaran keseimbangan tidak hanya diperlukan pada saat bermain engklek saja tetapi keseimbangan sangat penting dalam kegiatan sehari-hari dan setiap kegiatan manusia tidak bisa terlepas dari keseimbangan.

Downloads

Published

2023-12-24