PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “SI PEMENANG“ MENGGUNAKAN SOFTWARE ARTICULATESTORYLINE 3 BERBASIS ANDROID PADA MATERI RENANG PJOK
Abstract
Riset berikut dilatarbelakangi karena peserta didik beranggapan bahwa kegiatan belajar mengajar tidak interaktif dan hanya menggunakan bahan ajar LKS sehingga menyebabkan peserta didik terkadang kesulitan dalam 'melihat contoh hal-hal tentang berenang, belum adanya penggunaan berbasis media interaktif android di sekolah. Tujuan dari riset berikut ialah untuk membuat sebuah alat edukasi dengan menggunakan software articulate storyline 3 berbasis android. Riset berikut adalah penelitian pengembangan ataupun research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosesnya terdiri dari 5 langkah: 1) penelitian, 2) desain, 3) pengembangan, 4) implementasi), dan 5) evaluasi (tes). Ahli isi dan ahli media melakukan validasi produk. Kemudian dikembangkan dan diuji kekuatan produk tersebut untuk guru dan 30 peserta didik kelas VIII MTS N 03 Brebes. Hasil analisis data secara deskriptif persentase menunjukkan hasil wawancara ahli materi dan ahli media pendidikan 95% dan 83,25% model berkualitas tinggi “sangat baik digunakan tanpa revisi”. Hasil survei umpan balik guru ialah 87% dalam kategori "sangat layak". Hasil evaluasi kefektifan peserta didik ialah 100% dengan kategori “sangat positif”. Hasil analisis efesiensi ahli materi 95%, ahli media 83,25% dan hasil angket peserta didik menyatakan 90% “efesien”. Hasil performa produk pada bagian tampilan dinyatakan “Sangat Layak” dengan persentase sebesar 88,23%, untuk bagian isi/materi yang disetujui oleh ahli materi dengan kategori “Sangat Layak” sebesar 92%. Sedangkan untuk evaluasi kepraktisan peserta didik adalah 90% dengan kategori “sangat layak digunakan”. Berdasarkan uraian di atas dengan menggunakan sistem pembelajaran multimedia interaktif “Si Pemenang” dengan menggunakan software articulate storyline 3 dari android pada materi renang PJOK layak digunakan untuk peserta didik sebagaimana ditemukan oleh guru PJOK mendapat prsentase 87% dalam kategori menjadi "sangat layak". Sehingga bagi guru dan peserta didik menjadikan aplikasi ini sebagai media interaktif dalam proses pembelajaran materi renang yang mudah dan praktis, serta bagi peneliti yang ingin mengembangkan aplikasi Si Pemenang agar lebih bervariasi terkhusus ataupun luas dalam penjelasannya.