PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMEN (TGT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET SISWA KELAS VII SMPN 1 JEPARA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas VII SMPN 1 Jepara memiliki nilai yang rendah tentang materi bola basket khususnya pasing, yaitu terdapat siswa yang belum memenuhi kriteria atau belum menunjukan hasil yang diharapkan. Hasil belajar peserta didik Sebagian besar belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model pembelajaran menggunakan TGT dan STAD apakalah mampu meningkatkan hasil belajar pasing bola basket pada siswa kelas VII SMPN 1 Jepara dengan sampel 32 siswa kelas VII E dan 32 siswa kelas VII F. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True eksperiment dengan jenis Two-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT mampu meningkatkan hasil belajar pasing bola basket pada siswa kelas VII SMPN 1 Jepara. Model Pembelajaran STAD mampu meningkatkan hasil belajar pasing bola basket pada siswa kelas VII SMPN 1 Jepara. Kesimpulan : Pengolahan sarana serta prasarana di SMPN 1 Jepara telah terlaksana sesuai dengan rencana yang sudah di tetapkan dan sesuai dengan ketentuan yang ada. Dan cara yang dilakukan oleh sekolah dalam pengelolaan dan juga perbaikan kualitas Pendidikan dengan baik.