MENINGKATKAN KETERAMPILAN TEKNIK PASSING BOLA BASKET MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DI KELAS XI IPS 1 SMA N 1 CEPIRING
Abstract
Kurangnya keterampilan passing siswa dalam permainan bola basket inilah yang mendorong peneliti untuk melaksanakan penelitian ini. Dari hasil informasi di kelas menampilkan dekat 65% siswa masih belum penuhi KKM. Ialah kelas XI IPS 1, sebab kelas tersebut hasil belajarnya lebih rendah dibanding kelas yang lain. Dalam melaksanakan riset ini periset memakai riset aksi kelas dengan tujuan untuk mengenali apakah pendidikan kooperatif model STAD sanggup tingkatkan keahlian metode passing permainan basket pada siswa XI IPS 1 SMA N 1 Cepiring. Kenaikan ketuntasan hasil belajar. Informasi hasil penelitian presentase serta keadaan hasil pra siklus, siklus I serta siklus II, ialah hasil pra siklus nilai ketrampilan passing bola basket dari 20% bertambah jadi 48%, serta bertambah lagi 84% pada siklus II. Hasil riset ini bisa disimpulkan kalau pemakaian pendidikan kooperatif model student teams achievment division sanggup tingkatkan keahlian metode passing bola basket di XI IPS 1 SMA N 1 Cepiring. Perihal ini cocok dengan kenaikan yang ada dalam aspek kalau: (1) terjalin kenaikan hasil keahlian metode passing bola basket siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Cepiring dari pra siklus, siklus I serta siklus II sehabis diberi perlakuan. Perihal ini bersumber pada informasi hasil penelitian ialah pra siklus 20% siswa yang tuntas, siklus I 48% siswa yang berhasil serta siklus II 84% siswa yang tuntas.