MANAGEMEN PEMBINAAN FISIK SISWA SEKOLAH SEMI-MILITER DI SMK PENERBANGAN SEMARANG

Authors

  • Annisa Ismi Sofyana

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui management pembinaan fisik yang ada di SMK Penerbangan Kartika Aqasa Bhakti Semarang.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Inti penelitian ini mengenai sistem manajemen pembinaan fisik di SMK Penerbangan, program latihanfisik di SMK Penerbangan, serta metode latihan di SMK Penerbangan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar wawancara.

Hasil analisis menunjukkan (1) bahwa 87% siswa sudah merasakan manfaat dari adanya pembinaan fisik yang diselenggarakan SMK Penerbangan Kartika Aqasa Bhakti Semarang dan 13% masih memilih ragu karena merasa pembinaan fisik di masa pandemi masih kurang efisien mereka lakukan. (2) Berdasarkan hasil angket 11% orang tua kurang setuju dengan adanya pembinaan fisik di masa pandemi Covid-19 dikarenakan kurang adanya pengawasan dan kurang efektif dalam pelaksanaannya

Simpulan penelitian ini mengenai management pembinaan fisik di SMK Penerbangan Kartika Aqasa Bhakti Semarang memiliki penggerak dan pengawasan yang sudah baik namun dari segi perencanaan dan pengorganisasian masih kurang. Karena kurang jelasnya struktur organisasi dan pembagian tugas. Namun di balik kekurangan tersebut managen pembinaan fisik masih berjalan dengan baik karena terpusan pada satu kontrol dan evaluasi yaitu pada guru olahraga. Dengan metode dan program yang tepat sehingga tujuan tercapai dengan baik. Sehingga para siswa yang sudah lulus mampu meraih cita-cita nya.

Downloads

Published

2023-12-24