Hubungan Pembelajaran Daring dengan Kemandirian Belajar Mahasiswa PJKR Universitas PGRI Semarang
Abstract
Metode belajar yang pas di suasana pandemi dikala ini merupakan dengan pendidikan daring, dimana siswa wajib mengerjakan pekerjaan rumahnya secara mandiri sebab terbatasnya ruang interaksi dengan sahabat sekelas serta guru. Siswa yang menekuni Pendidikan Jasmani, Olah Raga, serta Rekreasi( PJKR) membutuhkan banyak latihan, tetapi kala perihal berat tersebut terjalin serta diajarkan secara daring, dikala seperti itu siswa membutuhkan perilaku belajar mandiri. Tata cara penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Ilustrasi penelitian ini merupakan mahasiswa PJKR Universitas PGRI Semarang. Metode pengambilan ilustrasi ini merupakan random sampling. Ambil informasi memakai perlengkapan bersama dengan tautan Googleform. Hasil pengujian hipotesis penelitian menampilkan kalau hipotesis yang diajukan diterima ialah ada ikatan positif yang sangat signifikan antara kemandirian belajar serta pendidikan daring pada mahasiswa PJKR Universitas PGRI Semarang. Hasil analisis memakai metode moment product dari ikatan 2 variabel diperoleh r= 0, 600 dengan p= 0, 000( p < 0, 01), maksudnya ikatan kedua variable sangat signifikan, sehingga hipotesis penelitian bisa diterima.
Kata kunci : pembelajaran daring, mahasiswa, kemandirian belajar