PENGARUH LATIHAN BARBELL CURLS DAN TRICEPS PUSHDOWN TERHADAP HIPERTROFI UPPER ARMS MUSCLES PADA MEMBER LAB FITNESS DAN KEBUGARAN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Authors

  • Muhammad Khoirun Najib

Keywords:

Barbell Curls, Triceps Pushdown, Upper Arms Muscles

Abstract

“PengaruhhLatihan Barbell Curls dan Triceps Pushdown Terhadap Hipertrofi Upper Arms Muscles Pada Member Lab Fitness dan Kebugaran Universitas PGRI Semarang” Skripsi. “Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan” Universitas PGRI Semarang.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh survey di Lab Fitness dan Kebugaran Universitas PGRI Semarang yang mengungkapkan bahwa belum pernah dilakukan pengukuran perkembangan otot atau hipertrofi otot lengan atas. Selain itu, peneliti ingin menawarkan rencana latihan kepada peserta yang ingin melatih otot lengan atas hingga hipertrofi menggunakan Barbell Curl dan Triceps Pushdown. Sehubungan dengan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan Barbell Curl dan Triceps Pushdown terhadap hipertrofi otot lengan atas pada peserta Lab Fitness dan Kebugaran Universitas PGRI Semarang.

Desain Two Group Pretest-Posttest digunakan dalam metode penelitian eksperimental penelitian ini. Tes hipertrofi otot menggunakan pita LILA  dan Skinfold Caliper berfungsi sebagai alat penelitian. 12 anggota Lab Fitness dan Kebugaran Universitas PGRI Semarang menjadi partisipan penelitian. Menggunakan uji t bersamaan dengan pengujian hipotesis untuk teknik analisis data (paired sample t test).

Analisis data menghasilkan t hitung > t tabel, yang didasarkan pada temuan penelitian dan perdebatan (2,570). T hitung ditemukan lebih besar dari t tabel berdasarkan hasil dari semua nilai t hitung. Latihan Barbell Curl dan Triceps Pushdown berdampak pada hipertrofi otot Upper Arm Muscles pada peserta Lab Fitness dan Kebugaran Universitas PGRI Semarang, yang menjelaskan temuan tersebut.

Downloads

Published

2023-12-24