Hubungan Kekuatan Otot Tungkai dan Kelincahan Dengan Akurasi Shooting Ke Arah Gawang

Authors

  • Ismie Halimatur Rodiyah

Keywords:

Otot Tungkai, Kelincahan, Akurasi Tendangan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Latar belakang penelitian ini dengan beberapa faktor yang mempengaruhi agar mempunyai keahlian teknik menembak bola (shooting) dengan baik, diantaranya power otot kaki, agility dan ketepatan mata-kaki. 

Peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui korelasi power otot kaki dengan ketepatan shooting pada permainan sepak bola, hubungan antara agility terhadap ketepatan menendang bola, dan korelasi antara power otot kaki serta agility terhadap ketepatan tendangan.

Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan Instrumen yang digunakan untuk mengukur kekuatan otot tungkai, kelincahan, serta ketepatan tendangan. observasi data penelitian memakai uji hubungan dan uji beda.  Metode yang digunakan adalah survei. Populasi dalam penelitian adalah siswa SSB Putra Arisa Mranggen sebagai sampel penelitian adalah seluruh siswa SSB Putra Arisa Mranggen. Teknik sampling menggunakan teknik total sampling.

Menurut hasil pengolahan angka, deskripsi, dapat disimpulan bahwa korelasi antara power otot kaki terhadap ketepatan shooting dengan hasil sig.0,001 <  0,05. Dan terdapat hubungan antara kelincahan terhadap akurasi shooting dengan hasil sig.0,005 < 0,05. Hasil penelitian juga memberi gambaran pada peneliti setelahnya untuk melakukan penelitian mengenai kekuatan otot tungkai, kelincahan, dan akurasi shooting diharapkan dapat menyempurnakan hasil penelitian yang telah ada.

Downloads

Published

2023-12-24