Pengaruh Signal Pass Response dan Bounce Ball Drills Terhadap Koordinasi Hoki Kendal

Authors

  • Wahyu Fadhlur Rachman

Keywords:

koordinasi, signal passs response, bounce ball drills, hoki

Abstract

Wahyu Fadhlur Rachman “Pengaruh Latihan Signal Pass Response dan Latihan Bounce Ball Drills Terhadap Koordinasi pada Teknik Dasar Atlet Puslatcab Olahraga Hoki Kabupaten Kendal 2023”, Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2023.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada koordinasi mata tangan dan kerja kaki pada teknik dasar pemain hoki Kendal. Permasalahan tersebut mengakibatkan turunnya performa permainan tim hoki Kendal. Peneliti mempunyai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan latihan signal pass response dan bounce ball drills. Penelitian ini membandingakan antara dua latihan itu agar dapat menentukan latihan yang lebih tepat dalam mengatasi permasalahannya.

Populasi dalam penelitian ini merupakn seluruh atlet yang terdapat Puslatcab hoki di Kabupaten Kendal dengan pembagian dan berjumlah 20 atlet (10  atlet Putri dan 10 Putra). Variable dalam penelitian ini adalah latihan untuk meningkatkan koordinasi teknik dasar pada atlet Puslatcab Olahraga Hoki Kabupaten Kendal Tahun 2023. Yang berisikan latihan signal pass response dan latihan bounce ball drills.

Hasil penelitian: 1) Pada kelompok eksperimen I diperoleh t-hitung > t- tabel atau 6,273 > 2,262. berarti signifikan atau ada pengaruh. 2) Pada kelas eksperimen II mendapatkan t-hitung > t-tabel atau 11,180 > 2,262 berarti signifikan atau ada pengaruh. 3) Dari hasil uji beda mean post-test diperoleh Me1<Me2 atau 7,20 < 7,50. Hasil perbedaan post test kelas I dan II didapatkan t-hitung > t-tabel atau 4,907 > 2,447. Berarti latihan bounce ball drills lebih baik daripada dengan signal pass response.

Bisa disimpulkan sebagai bentuk saran peneliti adalah latihan bounce ball drills lebih efektif untuk meningkatkan koordinasi. diharapkan bagi peneliti lain bisa menjadi perbandingan yang akan mengadakan penelitian sejenis dengan sampel yang berbeda dan memperlihatkan kendala-kendal yang ada pada masing-masing penelitian.

 

Downloads

Published

2023-12-24