Survei Pembinaan prestasi Renang di Tiara club Kabupaten Jepara

Authors

  • Muhammad Al’ayubi Bagas Sadewa

Keywords:

Pembinaan, Prestasi, Renang.

Abstract

“Survei pembinaan prestasi renang di Tiara club Kabupaten Jepara tahun 2023”, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahauan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum diketahuinya pembinaan prestasi renang di Tiara club Kabupaten Jepara tahun 2023. Tujuan dalam 

penelitian ini untuk mengetahui pembinaan prestasi renang di Tiara club Kabupaten Jepara  Tahun 2023.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di waterboom Tiara park. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota renang  Kabupaten Jepara dan sempel pada  penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan 1 manajer, 1 pelatih, dan 3 atlet renang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan  data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Analisa yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif.

Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu dalam observasi peneliti menemukan pembinaan prestasi renang yang baik, hasil wawancara peneliti menentukan hasil  pembinaan prestasi yang sudah baik, dan dokumentasi yang peneliti dapatkan dalam penelitian ini untuk menunjang jawaban dari hasil observasi dan wawancara.

Simpulan dalam penelitian ini menunjukan pembinaan prestasi renang di Tiara club Kabupaten Jepara dalam bidang perencanaan, penggerakan, dan pengawasan sudah berjalan dengan baik namun dalam bidang pengorganisasian  berjalan kurang baik. Saran kepada organisasi, pelatih, dan atlet agar selalu memantau perkembangan atlet agar  pembinaan prestasi berjalan dengan baik.

Downloads

Published

2023-12-24