Pengaruh Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket, dan Pelayanan Objek Wisata Terhadap Minat Kunjungan ke Pantai Caruban Kabupaten Rembang

Authors

  • Diah Ayu Wulandari
  • Riyanto Universitas PGRI Semarang
  • Aryan Eka Prastya Nugraha Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket, Pelayanan

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan di Pantai Caruban Kabupaten Rembang yang menyatakan bahwa jumlah pengunjung mengalami penurunan dari tahun 2016-2020. Tujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik, fasilitas, harga tiket, dan pelayanan terhadap minat berkunjung ke Pantai Caruban Kabupaten Rembang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linear berganda. Subyek pada penelitian ini merupakan pengunjung Pantai Caruban Kabupaten Rembang. Sampel penelitian ini sebesar 100 responden, teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian terdapat pengaruh daya tarik, fasilitas, harga tiket, dan pelayanan terhadap minat berkunjung di Pantai Caruban sebesar 57%. Secara parsial ditunjukkan hasil bahwa daya tarik (X1) berpengaruh terhadap minat berkunjung (Y) dengan nilai signifikansi 0,042 < 0,05 atau thitung 2,062 > ttabel 1,98525, fasilitas (X2) berpengaruh terhadap minat berkunjung (Y) dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 atau thitung 2,796 > ttabel 1,98525, harga tiket (X3) tidak berpengaruh terhadap minat berkunjung (Y) dengan nilai signifikansi 0,275 > 0,05 atau thitung 1,098 < ttabel 1,98525, dan pelayanan (X4) berpengaruh terhadap minat berkunjung (X4) dengan nilai signifikansi 0,013 < 0,05 atau thitung 2,521 > ttabel 1,98525.

Downloads

Published

2024-01-12