Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Fasilitas Wisata Terhadap Minat Kunjung Ulang Ekowisata Gua Pancur Desa Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati
Keywords:
Promosi, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Wisata, dan Minat Kunjung Ulang.Abstract
Kajian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa minat traveler terhadap atraksi wisata Gua Pancur menurun drastis pascawabah Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh promosi, kualitas pelayanan, dan fasilitas wisata terhadap minat kunjung ulang pengunjung di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati dengan kemungkinan kunjungan kembali ke lokasi ekowisata Gua Pancur. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. 100 responden yang sedang atau pernah mengunjungi tempat wisata yang dikenal sebagai Gua Pancur digunakan sebagai populasi penelitian. Metode pengambilan sampel non-probabilitas, seperti pendekatan pengambilan sampel purposive sampling, digunakan untuk menentukan populasi. Kuesioner dan teknik inkuiri lainnya digunakan untuk pengumpulan data. SPSS Ver.22 digunakan sebagai alat pengolah data dalam penelitian ini. Hasil riset menandakan yakni ada pengaruhnya positif bersignifikan variabel promosi (X1), kualitas pelayanan (X2), dan fasilitas wisata (X3) baik dengan cara parsial dan juga simultan kepada minat kunjung ulang (Y).