Pengaruh Model Pembelajaran jigsaw Dan Problem based learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bola Basket Kelas X SMA Negeri 1 Sukamara
Abstract
Rendahnya nilai beberapa siswa pada pembelajaran olahraga terutama dimateri gerakan dasar bola basket yaitu lay up shoot yang masih dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan menganalisis hasil belajar bola basket siswa dengan model pembelajaran problem based learning. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan bentuk dua kelompok tes sebelum dan sesudah. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 2 sebanyak 30 siswa dan kelas X IPS 3. Uji prasyarat normalitas dan homogenitas digunakan dalam analisa penelitian ini..Hasil riset diperoleh informasi bahwa jigsaw model dan problem based learning kelas X IPS 2 sesudah dilakukan penerapan model pembelajaran rata-rata 85,5%, sedangkan sebelum dilakukan penerapan model pembelajaran nilai tengah 74,5%. Kelas X IPS 3 sesudah dilakukan penerapan model pembelajaran nilai tengah 85% dan sebelum penerapan 75,3%. Hasil t hitung pretest dan posttest sebesar 18,8 kemudian hasil rata-rata pretest dan posttest terdapat selisih perbedaan sebesar -10,6 dan nilai sig (2-tailed) ,000 dengan demikian kelas X IPS 2 ada pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelajaran jigsaw dan problem based learning. Hasil t hitung pretest dan posttest -18.012 kemudian hasil rata-rata pretest dan posttest selisih perbedaan -9,700 dan nilai sig (2-tailed) ,000. Disimpulkan bahwa ada peningkatkan hasil belajar bola basket menggunakan model pembelajaran jigsaw dan Problem based learning pada kelas X IPS SMAN 1 Sukamara dan Terdapat pengaruh metode pembelajaran jigsaw yang dipadukan prolem based learning terhadap hasil belajar basket siswa X IPS SMAN 1 Sukamara.
Kata kunci: Jigsaw, Problem based learning, Hasil Belajar Bola Basket.