Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang
Keywords:
Penggunaan Media Sosial, Lingkungan Keluarga, Minat BerwirausahaAbstract
Anathasia Sulistiani “Pengaruh penggunaan media dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha di kalangan mahasiswa program studi pendidikan ekonomi universitas PGRI semarang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya lapangan pekerjaan yang mengakibatkkan taraf pengangguran di indonesia terus meningkat dan kurangnya jumlah wirausahawan di indonesia sampai waktu ini hanya berkisar sebesar 3,4. Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui dampak dari pemanfaatan media umum serta Lingkungan keluarga sekitar terhadap minat berwirausaha di kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang. Metode yang dipergunakan saat penelitian ini yaitu memakai pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 135 di kalangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi dari angkatan 2019, 2020, serta 2021 memakai sampel penelitian sebanyak 102 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang menggunakan data utama yang didapa utama dan data sekunder diperoleh berasal dokumentasi, menggunakan teknik analisis data yg dipergunakan di penelitian ini yaitu dengan bantuan program software SPSS, melakukan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji F. akibat penelitian ini memberikan bahwa variabel penggunaan media sosial dan lingkungan keluarga sekitar yang memiliki dampak positif serta signifikan Terhadap minat berwirausaha di kalangan mahasiswa program studi pendidikan ekonomi universitas PGRI semarang.