PENDEKATAN PEMBELAJARAN PJOK MATERI ATLETIK BERBASIS OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK SISWA KELAS II DI SD HJ. ISRIATI MOENADI UNGARAN
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah oleh kurangnya minat siswa pada mata pelajaran Atletik dan masih ada guru yang mengajar dengan menggunakan metode dan pendekatan yang kurang beragam. Pendekatan pembelajaran berbasis outbound ini dirancang agar siswa tetap tertarik, terhibur, dan bersemangat dalam proses pembelajaran. Pada usia ini mereka masih dalam dunia bermain, sehingga diajak bermain menimbulkan perasaan senang dan senang pada diri siswa. Apabila setiap siswa menumbuhkan perasaan gembira maka akan lebih efektif dalam menumbuhkan semangat belajar atletik, oleh karena itu peneliti membuat penelitian tentang pendekatan pembelajaran Atletik berbasis Outbound, dengan tujuan mengetahui pendekatan pembelajaran Atletik berbasis Outbound apakah berpengaruh pada kecerdasan kinestetik siswa di SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan desain yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs dengan Pretest Posttest Control group Designs, untuk mengetahui apakah pendekatan pembeajaran Atletik berbasis Outbound dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas dua SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran yang berjumlah 101 siswa. Sample yang digunakan dalam penenelitian ini berjumlah 66, dengan keterangan 33 Siswa yang berasal dari kelas II Isdiman dan 33 Siswa dari kelas Supriadi. Instrumen pada penelitian ini yaitu intrumen penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukan pemberian treatment yaitu pembelajaran PJOK materi Atletik di SD Hj.Isriati Moenadi Ungaran setelah dilakukan Pendekatan pembelajaran Atletik Berbasis Outbound memiliki pengaruh yang signifikan pada kecerdasan kinestetik. Pendekatan pembelajaran Atletik berbasis Outbound merupakan variabel yang berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan kinestetik pada siswa kelas II di SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran. Kesimpulan, metode pembelajaran Atletik berbasis Outbound lebih efektif meningkatkan kecerdasan kecerdasan kinestetik peserta didik jika dibandingkan dengan metode pembelajaran Atletik yang masih konvensional.
Kata Kunci: Atletik, Outbound, Kecerdasan Kinestetik.