ANALISIS STRATEGI MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PENJUALAN BATIK TULIS LASEM
Keywords:
E-Commerce, Strategi Pemasaran, dan IMCAbstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mempunyai maksud untuk mengetahui Strategi Mempertahankan Penjualan Batik Tulis Lasem. Adapun informan dalam penelitian ini adalah produsen batik tulis Ningrat Batik Lasem dan juga Oemah Batik Lasem. Cara penyatuan data lewat wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data ini memakai pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Dalam mendiskripsikan hasil penelitian digunakan indikator-indikator strategi mempertahankan penjualan batik tulis lasem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat mempertahankan penjualan yaitu dengan bargabung e-commerce dan juga menggunakan strategi pemasaran 4P, yaitu Produk, Harga, Promosi, dan Tempat. Didalam promosi terdapat elemen dimana elemen tersebut melingkupi ide komunikasi pemasaran terpadu atau Integrated Marketing Communication (IMC) yang memiliki tujuan untuk menambah kenaikan pada penjualan.