PENGARUH TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTOR, KOGNITIF DAN SOSIAL SISWA KELAS XI SMA LABORATORIUM SEMARANG

Authors

  • Mohamad Akbar

Abstract

Riset ini menginvestigasi pengaruh penerapan model pembelajaran teaching games for understanding terhadap peningkatan kemampuan psikomotor, kognitif, dan sosial siswa kelas XI di SMA Laboratorium UPGRIS Semarang. Latar belakang riset ini muncul karena hasil nilai psikomotor, kognitif, dan sosial siswa masih di bawah standar yang diharapkan. Maka dari itu, riset ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak positif dari penggunaan model pembelajaran ini dalam meningkatkan kemampuan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain two group pretest posttest untuk mengukur pengaruh model pembelajaran teaching games for understanding. Sampel penelitian terdiri dari 52 siswa kelas XI yang dipilih secara acak dari SMA Laboratorium UPGRIS. Data dikumpulkan melalui validasi ahli dan dianalisis memakai metode eksperimen kuantitatif serta uji hipotesis. Hasil penelitian memperlihatkan yakni penerapan model pembelajaran teaching games for understanding secara signifikan meningkatkan kemampuan psikomotor, kognitif, dan sosial siswa dalam kompetensi dasar kebugaran jasmani. Hasil uji t-Test menunjukkan perbedaan bersignifikan antara nilai pretest dan posttest, dengan nilai signifikansi (2-tailed) p <0.000 pada aspek psikomotor, p <0.020 pada aspek kognitif, dan p <0.000 pada aspek sosial. Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima. Kesimpulan dari riset ini ialah pentingnya model pembelajaran teaching games for understanding dalam meningkatkan berbagai aspek kemampuan siswa, terutama dalam konteks pembelajaran psikomotor, kognitif, dan sosial. Saran dari riset ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di masa depan untuk penelitian selanjutnya adalah untuk lebih mengeksplorasi berbagai variasi model (TGfU) atau permainan olahraga yang dapat meningkatkan kemampuan siswa secara lebih baik.

 Kata kunci: pengaruh, Teaching Games for Understanding, Psikomotor, Kognitif, Sosial

Downloads

Published

2023-12-24