Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 1 Jakenan
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum efektifnya program Merdeka Belajar pada mata pelajaran pendidikan jasmani, pendidikan jasmani dan kesehatan di SMAN 1 Jakenan karena siswa memiliki banyak waktu luang untuk mengerjakan proyek yang harus diselesaikan dalam waktu tertentu. dan manajemen waktu kurang efektif karena mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan di SMA Negeri 1 Jakenan hanya berlangsung 3 jam pembelajaran, pembelajaran teori berlangsung jam di luar kelas dengan hanya penjelasan singkat di awal pembelajaran. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dan naratif merupakan rumusan masalah yang mengarahkan penelitian untuk mempertanyakan atau memotret suatu keadaan Hasil diskusi dengan guru dan kepala sekolah menunjukkan bahwa akan terjadi sesuatu yang baik sebagai bagian dari pelaksanaan program pendidikan mandiri bidang pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan sekolah di SMP Negeri 1 Jakenan. Berdasarkan tabel dan diagram hasil penelitian lapangan informatif kelas pendidikan Pancasila 90,71%, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program mandiri pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan dilaksanakan di lingkungan sekolah sudah berjalan dengan baik.
Kata kunci: Implementasi Kurikulum Merdeka , PJOK, SMA