Analisis Perilaku Konsumtif Dalam Program Big Sale E-commerce Shopee Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang

Authors

  • Rinda Dwi Ariyani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pola perilaku berbelanja mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang cenderung berperilaku konsumtif, dimana mereka lebih mementingkan untuk memenuhi keinginan dari pada kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang pada program big sale Shopee juga untuk memberikan cara agar dapat menekan perilaku konsumtif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan data skunder. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang mengalami peningkatan dalam berbelanja pada program big sale Shopee. Dimana hal tersebut didorong oleh beberapa aspek yaitu diskon, hasrat untuk menjaga dan menunjang penampilan, iklan, serta perasaan tertantangm puas dan senang dalam berbelanja; Literasi keuangan memberikan pengaruh yang cukup besar bagi mahasiswa dalam membuat skala prioritas kebutuhan serta untuk mengatur keuangan yang mereka miliki.

 Kata kunci: Perilaku Konsumtif, Belanja Online, Big Sale Shopee, Literasi Keuangan

Downloads

Published

2023-12-24