Analisis Pembelajaran Daring PJOK Terhadap Perkembangan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Siswa Kelas X SMA/SMK Di Kecamatan Jatibarang
Abstract
Pada masa pandemi yang sempat mewabah menyebabkan dunia pendidikan mengalami perubahan yang harusnya pembelajaran dilakukan secara tatap muka dirubah menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring) yaitu program belajar dari rumah. Pembelajaran PJOK juga termasuk salah satu yang mengalami perubahan yang mana peserta didik juga dinilai memiliki kendala pada saat melakukan pembelajaran daring di mata pelajaran PJOK yang mana kegiatan pembelajaran PJOK seharusnya dilaksanakan secara tatap muka karena lebih menekankan pada afektif dan psikomotor siswa. Oleh karena itu maka peneliti ingin mengetahui pengaruh pembelajaran daring PJOK terhadap perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor Siswa Kelas X SMA/SMK di Kecamatan Jatibarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil pembelajaran daring PJOK terhadap perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor Siswa Kelas X SMA/SMK di Kecamatan Jatibarang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu angket berupa google form. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 290 responden, orang tua siswa 290 responden, dan guru PJOK sebanyak 3 responden. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pembelajaran daring PJOK terhadap perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor Siswa Kelas X SMA/SMK di Kecamatan Jatibarang yaitu dari jumlah total dari tingkat perkembangan kognitif siswa sebesar 87%, afektif sebesar 40%, dan psikomotor sebesar 81% yang apabila dilihat melalui tabel TCR masuk kategori cukup. Simpulan penelitian ini adalah persentase Pembelajaran PJOK melalui daring terhadap perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas X SMA/SMK di Kecamatan Jatibarang belum bisa dikatakan baik, terutama pada ranah afektif.