Analisis Usaha Wisata Water Snow Gubug

Authors

  • Yunita Sari

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah pengunjung di tahun 2018 sampai 2021 mengalami ketidak stabilan hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Analisis Manajemen Usaha Water Snow Gubug. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui dua hal, yaitu bagaimana kondisi manajemen di wisata water snow gubug dan bagaimana kondisi fasilitas di wisata water snow gubug. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan desain penelitian survei. Tempat penelitian ini adalah wisata water snow gubug dan subjek penelitian ini manajemen wisata water snow gubug. Teknik instrument dan pengumpulan data menggunakan   wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menyatakan pihak manajemen water snow gubug sudah melaksanakan manajemen dengan baik, dengan melaksanakan perencanaan yang baik melalui tujuan, perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, penerapan peraturan dan pembinaan kepada karyawan yang melanggar peraturan serta melakukan tindak lanjut yang bertujuan untuk kemajuan tempat wisata. Pihak water snow gubug melakukan inovasi melalui fasilitas yang ada sehingga dalam kondisi baik dan terawat dengan baik hal ini menjadi nilai positif untuk tempat wisata ini Simpulan penelitian ini adalah dari hasil peneliti menyimpulkan bahwa beberapa faktor yang menjadikan tempat wisata water snow gubug sepi pengunjung yaitu kurangnya promosi yang dilakukan oleh pihak manajemen, tidak adanya struktur organisasi yang baku sehingga semua yang ada harus ditangani langsung oleh owner serta mahalnya harga tiket masuk yang dirasa untuk lingkungan kurang mendukung.

Kata kunci: Analisis, Manajemen, usaha

Downloads

Published

2023-12-24