UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN HIJAU HITAM PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 KLAMPOK
Abstract
Sadnya Asha. Kurangnya latihan-latihan pada siswa kemudian banyak siswa kurang senang dan kurang suka ketika guru menyampaikan materi atletik khususnya lari, terlebih lagi setelah melihat sarana dan prasarana yang digunakan merupakan alat pembelajaran yang kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan dari penerapan metode permainan Hijau Hitam terhadap peningkatan kemampuan lari sprint SD Negeri 4 Klampok. Jenis penelitian ini adalah penelitian experimen (eksperiment). Penelitian ini menggunakan metode one group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SD Negeri 4 Klampok. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Klampok yang berjumlah 10 siswa. Instrumen untuk tes yang digunakan adalah tes lari jarak pendek (sprint) 60 meter. Adapun teknik analisis data menggunakan uji paired t-test, yaitu dengan maksud untuk membandingkan nilai rata-rata dari hasil pretest dan posttest sebelum dan sesudah perlakuan dengan sampel yang sama. Sebelum uji paired t-test, terlebih dahulu uji normalitas. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil lari jarak pendek (sprint) pada siswa setelah penerapan metode permainan Hijau Hitam terhadap peningkatan kemampuan lari jarak pendek pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Klampok.